Kesehatan

tak perlu membersihkan diri 
BERLEBIHAN
@leosihuraxxi
hahaha, jangan sampai seperti ini lek . .


Memilik tubuh bersih  memang penting  namun sebenarnya tidak masalah jika sedikit kotor. Soal kebersihan, semua bergantung pada tempat kita tinggal.
Kalau kita tinggal  di daerah yang relatif bersih, tentu kontak dengan bakteri juga minim. Namun jangan sengaja kntak dengan bakteri karena merasa “kuat” pula. Intinya, kita tidak usah takut terlalu kotor sehingga habis-habisan menbersihkan diri. Wajar saja.
Mandi dua kali sehari dan cuci  tangan setelah keluar rumah sudah cukup untuk menjaga kebersihan diri. Apa perlu kita sehabis berjabat tangan membersihkan tangan dengan cairan antiseptik ? tidak perlu, kecuali kita bersalaman dengan mereka yang sakit. Kalau setiap kali salaman memakai cairan antiseptik, bisa-bisa kita meninggung orang yang bersalaman dengan kita.
Apa kita juga perlu mencuci tangan berulang-ulang atau mandi sambil menggosok badan habis-habisan ? sebenarnya tidak perlu. Memebrsihkan diri dengan air yang mengalir dan bersih sudah satu poin tersendiri. Sebab kita tidak akan pernah bisa 100% bersih. Tapi kalau memang bisa, ya itu bagus. Lebih baik kita  fokus menjaga sistem kekebalan tubuh, asupan gizi, rutinitas olahraga, dan keterturan jam tidur.
Contoh lain, amankah menggosok gigi menggunakan air dari bak kamar mandi atau keran ? aman, sejauh kita memiliki daya tahan tubuh yang baik. Ketika daya tahan tubuh menurun, penyakit rentan menyerang. Jadi semuanya kembali ke daya tahan tubuh. Dan ini bergantung pada kondisi tempat tinggal kita.
Ada satu hal yang wajib jadi pegangan. Kalau kebersihan diri dan lingkungan dirasa kurang bagus, kita wajib menjaga daya tahan tubuh agar janngan sampai melemah.
Ambil contoh, saat tubuh terasa kurang fit, usahakan jangan menggosok gigi memakai bak mandi yang mungkin saja kurang bersih. Atau, hindari kontak denga orang yang sedang menderita penyakit menular.
 Intinya, kita tidak perlu takut kotor dan tak usah terlalu steril – tentu saja juga tidak perlu bergumul denga hal-hal yang kotor. Selama bisa menjaga daya tahan tubuh, maka kemungkinan kita terserang penyakit akan kecil.

Sumber : Majalah Intisari eds. Januari 2015





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal-Usul ...

TAMPI BERAS (Oneul Mohae)